PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
TENTANG USAHA CAFÉ DAN RESTAURANT
AHMAD SAEPUL ANWAR
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nyalah
saya dapat menyelesaikan penyusunan Proposal Usaha Starlight Korean
Food sesuai waktu yang telah ditentukan.
Adapun maksud dan
tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Penganatar Bisnis, tentang membuat proposal usaha dengan baik dan benar yang di
bimbing oleh Bapak Suheri
Proposal ini dapat
diselesaikan dengan baik karena bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu
saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Orang tua atas do’a dan dukungannya
2. Bapak Suheri Abdullah MM. Dosen Pembimbing
Mata Kuliah Pengantar Bisnis
3. Manager beserta Instruktur Magistra Utama
Bogor, 21 November
2017
Ahmad Saepul
Anwar
DAFTAR ISI
K kata Pengantar
|
………………………………………………
|
ii
|
D daftar Isi
|
………………………………………………
|
iii
|
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan Usaha
|
………………………………………………
………………………………………………
|
1
1
|
BAB
II : GAMBARAN UMUM USAHA
A. Deskripsi Usaha
B. Identitas Perusahaan
|
………………………………………………
………………………………………………
|
2-3
3
|
BAB
III : ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
A. Strategi Pemasaran
B. Target/SegmenPasar yang Dituju
C. Analisis SWOT
|
………………………………………………
………………………………………………
………………………………………………
|
4
4
4-5
|
B BAB IV : PRODUK YANG DI HASILKAN
A. Kualitas produk
B. Kuantitas Produk
C. keistimewaan
|
………………………………………………
………………………………………………
|
6
6
6
|
B BAB V : ANALISA KEUANGAN
A. Asal Modal
B. Sebaran Modal
C. Prediksi Pendapatan dan Keuntungan
D. Pembagian Keuntungan
|
………………………………………………
………………………………………………
………………………………………………
………………………………………………
|
7
7
7
8
|
BAB VI : PENUTUP
A. Kesimpulan
|
…………………………………………….
|
9
|
L LAMPIRAN
|
…………………………………………….
|
10-15
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Setelah memikirkan apa yang akan saya lakukan
setelah lulus , saya lebih memilih untuk membangun usaha sendiri karena menurut
saya dengan membuka usaha sendiri akan lebih menghemat tenaga juga dapat
membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,kesejahteraan masyaarakat sekaligus upaya melestarikan lingkungan.
Selain itu karena maraknya demam korea yang
ada di Indonesia, memberikan saya ide untuk membuka sebuah café and resto yang
khusus menyajiakan makanan dan minuman khas korea. Juga melihat peminat korea
yang begitu banyak khususnya di kota malang ini, maka akan memudahkan
untuk mempromosikan usaha kami.
Remaja adalah salah satu pertimbangan kami
untuk mendirikan usaha ini, karena mengingat penggemar korea lebih banyak dari
kalangan remaja. Selain untuk tempat makan, café juga bisa digunakan untuk
nongkrong. Pemfasilitasan yang mencukupi juga akan meningkatkan ketertarikan
konsumen terhadap usaha kami. Dengan konsep yang berbeda dari café-café yang
sudah ada
B. TUJUAN USAHA
Untuk belajar berwirausaha, Mengembangkan
kreativitas, Memberikan layanan kepada konsumen, Menyajikan makanan dan minuman
yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, memperoleh laba, membuka
lapangan kerja baru untuk masyarakat, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup
bagi usaha, memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi seorang
pengusaha.
BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA
A. DESKRIPSI USAHA
ICEPUL a COFFE ini didirikan pada 20 Novemebr 2017, yang
beralamat di Jl. Padjadjaran Raya no. 12, Bogor Jawa Barat. Café kami
menawarkan berbagai menu makanan dan minuman khas Korea. Tidak hanya itu kami
juga menjual berbagi aseccoris dan berang-barang yang berhubungan dengan anak
remaja .
Dua tahun berjalannya usaha tentunya banyak sekali kritik dan
saran dari pihak luar untuk melakukan pembenahan, pembaharuan serta
pengembangan usaha agar kemakmuran dan kesuksesan tetap terjaga dalam
perusahaan ini.
Meskipun usaha ini masih seumur
jagung, tetapi para peminat dan konsumen sudah banyak yang menjadi
pelanggan kami. Perencanaan sistematis yang digunakan sebagai pengembangan
karakter serta jadi diri wirausaha yang professional dalam mengembangkan
efisiensi dan efektifitas kegiatan produksi perusahaan.
Jam operasional cafe ini dimulai pukul 10.00
s/d 23.00 WIB dengan segmen pasar yaitu mahasiswa/i, pelajar/remaja dan para
penikmat Kpop lainnya.
Adapun beberapa
perbedaan fasilitas yang di tawarkan café kami yaitu:
1. Hospot area
Setiap pelanggan yang datang ke café kami dapat menggunakan
fasilitas freeWifi yang di sediakan di café kami.
System di café kami yaitu pelanggan adalah prioritas utama, jadi setiap
2. Konsep yang berbeda
Café kami memberikan kenyaman tempat yang berbeda dengan café
yang lain. konsep yang menarik dan tidak memberikan kesan membosankan akan
menarik perhatian para pelanggan. Kami mengambil konsep Klasik dengan
beberapa interior yang terbuat dari kayu, namun berkesan modern karena adanya
berbagai hiasan dan pernak-pernik khas Korea. Kami juga memasang berbagai
poster dan foto dari public figur Korea. Sehingga memberikan kesan yang
menarik.
3. Memberikan bonus/discount
Bagi pelanggan yang memiliki kartu pelanggan akan mendapatkan
potongan 20% setiap pembelian produk di café kami. Dan setiap tahun baru kami
akan membagikan hadiah undian kepada para pelanggan yang mendapatkan kode
tertentu.
4. Full music
Tidak hanya poster dan foto-foto tetapi kami juga menayangkan
berbagai music video yang menambah kesan menyenangkan.
B. IDENTITAS PERUSAHAAN
· Nama dan Alamat Perusahaan
Nama : ICEpul
a COFFEE
Alamat : Jl.
Leuwikaet Raya no. 1, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat
No.Tlp : (0341)
252 141
Instagram/ : ICEPUL_aCOFFEE_Bogor
Fb/Twitter
· Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama : Ahmad
Saepul Anwar
Alamat : Jl. Leuwikaret
No 1, Bogor, Jawa Barat
No.Tlp : 0856-9421-4286
E-Mail : achmmadsaepulanwar997@gmail.com
BAB III
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
A. STRATEGI PEMASARAN
Strategi yang akan kami terapkan di ICEPUL a COFFE yaitu
:
o Membuat pamflet, banner dan brosur yang
berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat
yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
o Memasang iklan di dunia internet khususnya
social media seperti facebook, twitter, instagram yang banyak di ketahui oleh
para kaula muda.
o Membuat katalog yang berisikan tentang
keadaan Starlight Korean Food dan berbagai macam produk yang ada,
dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
o Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan
pelayanan yang memuaskan.
o Mounth to Mounth, yaitu promosi melalui para
kosumen yang sudah datang dan merasakan pelayan di tempat kami. Jika mereka
puas dengan pelayanan kami, maka mereka akan menyebarluaskan berita tersebut.
Secara tidak langsung para konsumen sudah membantu dalam proses promosi.
B. TARGET / SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Starlight Korean Food ini membidik semua
kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula
muda dan mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan
tetapi juga tidan mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama kedai
kami.
C. ANALISIS SWOT
a) Strenghts (kekuatan)
§ Harga
terjangkau
Harga yang dipatok untuk makanan dan minuman di ICEPUL a COFFEE
cukup beragam, namun tetap ramah di kantong. Kami mematok mulai harga Rp.
10.000.
§ Kualitas
baik dan terjamin
§ Memiliki
ciri khas
§ Fasilitas
memadai
Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnta lengkap,
maka hal itu lah yang kami prioritaskan.
§ Tempat
yang bersih dan nyaman
Sehingga Pelanggan tidak was-was dalam menikamati makanan maupun
minuman di café kami. Dan pelanggan akan merasa betah berlama-lama.
§ Pelayanan
yang memuaskan
Kepuasan anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi
“Service with love” dan menomorsatukan pelanggan. Hal ini kami jamin
karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan
§ Lokasi
yang strategis
Kami telah memilih tempat usaha kami di pusat
kota Malang yang mana lokasi ini merupakan tempat yang ramai dengan
aktifitas masyarakat.
b) Weakness (kelemahan)
§ Keberadaan
bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim
Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk
kualitas produk kami. Serta kurangnya ahli/juru masak khas masakan korea.
c) Oportunities (peluang)
§ Terdapat
banyak masyarakat khususnya anak muda yang begitu menggemari Korean
Food.
§ Permintaan
pasar yang selalu meningkat.
d) Threats (ancaman)
Akan ada banyak Caffe yang akan didirikan dengan harga, menu
makanan dan minuman yang bersaing. Selain faktor dari minuman itu sendiri,
faktor cuaca dan musim juga menjadi problema yang sulit. Berikut adalah
ancaman-ancaman lainnya :
§ Muncul
produk baru yang lebih unggul.
§ Kenaikan
harga bahan baku karena terbatas.
§ Adanya
kompetitor yang lebih dikenal masyarakat.
BAB IV
PRODUK YANG DIHASILKAN
A. KUALITAS PRODUK
Kualitas Produk di Starlight Korean Food kami
memiliki kualitas yang baik karena kami sudah memilih bahan-bahan yang terbaik
dan berkualitas tinggi.Serta kami sangat memperhatikan dalam proses perkrutan
pegawai.
B. KUANTITAS PRODUK
Dengan menggunakan bahan-bahan yang masih
fresh dan terjamin mutunya. Untuk makanan dan minuman kami akan menyajikannya
dengansatu kali sajian. Sehingga tidak ada makanan maupun minuman yang basi/
menginap. Restoran kami sangat menjunjung kualitas produk dari restoran kami.
C. KEISTIMEWAAN
Keistimewaan produk dari restoran kami
yaitu masakan dimasak langsung oleh orang asli Negeri Gingseng tersebut.
Sehingga saat menikamati produk dari restokan kami para pelanggan tidak akan
dikecewakan
BAB V
ANALISA KEUANGAN
A. ASAL MODAL
1. Pribadi Rp. 15.000.000
2. Investor Rp.
30.000.000
B. SEBARAN MODAL
1. Sewa Gedung Rp. 2.500.000
2. Peralatan
- 20 Set Meja dan Kursi
@350.000 Rp. 7.000.000
- 3 Meja Dapur
@3.000.000 Rp. 9.000.000
- 3 Kompor Besar
@300.000 Rp. 900.000
- 2 Set Peralatan Masak
@1.200.000
Rp. 2.400.000
- 2 Rak Gantung
@500.000 Rp. 1.000.000
- Rak
Piring
Rp. 200.000
- 5 Lusin Sendok
@12.000 Rp. 60.000
- 5 Lusin Piring Saji
@50.000 Rp. 250.000
- 3 Lusin Piring Kecil @
25.000 Rp. 75.000
- Blender Rp. 265.000
- 4 Pacs Sumpit
@30.000 Rp. 120.000
3. Perlengkapan
- 10 Kotak Tisu
@10.000 Rp. 100.000
- Poster, Accesories, dan
Pernak-Pernik Rp. 300.000
- 25 Vas Bunga
@20.000 Rp. 500.000
- Wallpaper Rp. 100.000
- 10 Pacs Tisu
@10.000 Rp. 100.000
4. Biaya
LAT Rp. 650.000
5. Biaya Transportasi dan Promosi
(termmasuk
brosur,panflet,dll) Rp. 400.000
6. Biaya Gaji Karyawan
Perbulan Rp.
10.000.000
7. Biaya Pembelian Bahan
Baku Rp. 4.000.000
8. Biaya pembelian Seragam
karyawan Rp. 600.000
9. Biaya pembelian Alat
Pembersih Rp. 100.000
10. OPERASIONAL Rp.(4.280.000)
JUMLAH
Rp.
45.000.000
C. PREDIKSI PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN
1. Penjualan Makanan
Perbulan
Rp. 12.000.000
2. Penjualan Minuman
Perbulan Rp. 9.600.000
3. Penjualan Dessert
Perbulan Rp. 5.000.000
4. Biaya Pengeluaran
Perbulan (Rp. 16.600.000)
Total Pendapatan Rp. 10.000.000
Laba Perbulan Rp. 10.000.000
D. PEMBAGIAN KEUNTUNGAN
1. Operasional
Usaha 40% Rp. 4.000.000
2. Pelaksana 30% Rp. 3.000.000
3. Investor 30% Rp. 3.000.000
BAB VI
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Cafe kami merupakan cafe masa
kini yang berkualitas serta mengedepankan kepuasan pelanggan,
selain menyajikan masakan ddan minuman korea kami juga menawarkan berbagai
dessert dan minuman yang tentunya masalah harga sudah tidak perlu di
pertanyakan. Sangat terjangkau dan pas buat kantong pelajar / mahasiswa yang hanya
ingin sekedar Hang-out atau Nongki. Kita juga memiliki interior indoor dan
outdoor yang bagus dan kekinian.
Komentar
Posting Komentar